Facebook Page

Statistik

Sejarah dari Kertas Dinding (Wallpaper)

By WallpaperDinding 2 years agoNo Comments
Home  /  Blog  /  Sejarah dari Kertas Dinding (Wallpaper)

Wallpaper dinding atau kertas dinding yang biasa kita kenal itu ternyata ada sejarahnya juga loh. Udah tau? atau blum? kalau belum yuk simak sejarah dari wallpaper atau kertas dinding berikut ini :

wallpaper dinding harga murah

Wallpaper dinding itu adalah jenis kertas dengan bahan yang mampu digunakan untuk menutupi  dan menghiasi dinding rumah, apartemen, kantor, restoran dan bangunan lainnya, wallpaper biasanya dijual dalam bentuk gulungan dan diaplikasikan ke dinding dengan menggunakan lem wallpaper. Wallpaper ada yang dijual polos dan ada juga yang bertekstur atau bermotif.

Awal mula produk ini disebut kertas dinding atau wallpaper tentu melalui berbagai teori yang masih dipertanyakan penggunaannya. Salah satunya adalah ketika Tahun 200-an Sebelum Masehi orang-orang sudah mulai mempunyai konsep untuk menghias dinding dengan kertas.

 

wallpaper dinding murah

Asal mula tentang hiasan dinding dari kertas ini memang masih diperdebatkan. Menurut versi pertama, pada tahun 200 SM, orang Cina telah memulai menghias dinding menggunakan kertas. Masyarakat Cina waktu itu sudah terbiasa merekatkan kertas nasi pada dinding-dinding rumah mereka. Tentu saja, model tempelan kertas di dinding pada rumah masyarakat Cina pada waktu itu jelas berbeda dengan wallpaper dinding seperti yang kita ketahui sekarang. Meskipun begitu, cara orang Cina Kuno tersebut menjadi inspirasi bagi manusia modern untuk melakukan hal yang sama dan ditambah dengan beberapa inovasi.

jual wallpaper harga murah

 

Versi kedua tentang asal muasal wallpaper dinding adalah muncul dari jaman Renaisans di Prancis. Pada saat itu, elit kerajaan sering menghias dinding rumah atau istananya dengan permadani yang cantik. Permadani ini ditambahkan dengan desain warna ruangan dapat membuat ruangan terasa sejuk dan nyaman. Hanya saja, permadani ini berharga sangat mahal sehingga orang biasa tidak dapat menggunakannya. Sebagai gantinya, kalangan bukan bangsawan menggunakan kertas hias untuk ditempelkan di dinding rumah mereka dengan tujuan mempercantik dan membuat ruangan terasa dingin dan nyaman untuk ditempati. Kertas hias ini dicetak menyerupai motif pada permadani sehingga orang yang dinding rumahnya ditempeli kertas tersebut seolah-olah berada di rumah bangsawan.

Kemudian pada tahun 1785, sejarah wallpaper dinding berkelanjut di Prancis, Christophe-Philippe Oberkampf telah dicatat sebagai pembuat mesin cetak wallpaper dinding. Setelah mulai diproduksi, barang ini digunakan banyak oleh orang-orang terutama di Negara Inggris oleh kaum pekerja yang sebenarnya bermaksud mengganti cat rumah yang mahal dengan kertas hias ini. Penemuan dari Oberkampf ini diteruskan lagi oleh Louis Robert yang menginovasi pembuatan wallpaper dengan cara menjadikan gulungan tanpa putus. Hal ini menurunkan minat terhadap kertas hias yang motif atau warnanya dibuat melalui stensil atau lukisan tangan.

Pada abad ke-18 wallpaper dinding mulai diproduksi secara massal. Pada saat itu, kota Philadelphia di Amerika mulai dikenal dan dipahami sebagai kota industri dan dikenal pula sebagai penghasil kertas hias ini. Walaupun wallpaper dinding sudah diproduksi secara modern, namun gaya desain Prancis tetap kental mendominasi pola kertas yang dipakai pada waktu itu.

Category:
  Blog
this post was shared 0 times
 100

Leave a Reply

Your email address will not be published.